logo pta

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Palu Sulawesi Tengah. Jam Pelayanan Senin-Kamis : 08.00-16.30 WITA, Jum'at : 08.00-17.00 WITA. Jika Menemukan Suatu Pelanggaran Silakan Melaporkan Melalui Link ini: Pengaduan Online PTA. Palu

Written by Super User on . Hits: 26

Wakil Ketua Pengadilan Agama Ampana Memberikan Materi

Sosialisasi Isbat Nikah Di Kecamatan Tojo Barat

Ampana | pa-ampana.go.id

Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Tojo Una-una melaksanakan Sosialisasi Isbat Nikah di Kantor Camat Tojo Barat pada hari ini Selasa 09 Februari 2021. Sosialisasi ini diikuti oleh Camat Tojo Barat, KUA Tojo Barat, Lurah/Kepala Desa dan Sekdes se Kecamatan Tojo Barat serta para Tokoh Masyarakat Tojo Barat. Acara ini terlaksana atas kerjasama Dinas Dukcapil Kabupaten Tojo Una-una, Kemenag Touna dan Pengadilan Agama Ampana.

Kepala Dinas Dukcapil Touna Moh. Isa Ashar Latimumu, S.H dalam sambutannya sangat berterimakasih atas terselenggaranya sosialisasi ini. Kegiatan ini bertujuan dalam rangka melaksanakan tertib administasi bagi masyarakat Kabupaten Tojo Una-una untuk mendapatkan legal identity baik itu berupa kutipan buku nikah, akta kelahiran dan identitas kependudukan lainnya.

Pada kesempatan ini Wakil Ketua Rajiman, S.H.I., M.H menjadi narasumber dan menyampaikan kompetensi atau kewenangan Pengadilan Agama sebagaimana termuat dalam Pasal 49 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 yang kemudian diubah dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006. Di mana meskipun kebanyakan masyarakat lebih mengenal Pengadilan Agama sebagai tempat menyelesaikan perkara yang berkaitan dengan perkawinan (ada 22 perkara yang masuk di dalamnya), namun Pengadilan Agama Ampana juga mempunyai tupoksi untuk menerima dan menyelesaikan perkara-perkara waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syari’ah.

Waka PA Ampana juga menerangkan pengertian itsbat nikah terpadu, Latar belakang dan dasar hukum itsbat nikah, Kriteria itsbat nikah, syarat-syarat pernikahan yang bisa diajukan permohonan/gugatan itsbat nikah, serta syarat-syarat administrasi pengajuan permohonan/gugatan itsbat nikah.

Sosialisasi ini semakin seru dengan adanya sesi tanya jawab sebelum acara berakhir, banyak peserta yang sangat antusias dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang itsbat nikah, karena sudah banyak terjadi di masyarakat, tetangga, bahkan keluarga mereka yang ternyata membutuhkan lembaga Itsbat nikah ini. Para peserta sangat puas dengan penjelasan yang disampaikan karena ada jalan keluar bagi permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat Kecamatan Tojo Barat. .~Ampana LEA, Lugas-Efisien-Akuntabel. ~Ach~

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Palu

Sulawesi Tengah

Jl. Prof. Moh. Yamin No. 36 Palu

Provinsi Sulawesi Tengah

Telp: 0451-487285 
Fax: 0451-487284

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

JAM PELAYANAN

Senin - Kamis :  08.00 - 16.30 WITA
Istirahat :  12.00 - 13.00 WITA
Jumat :  08.00 - 17.00 WITA
Istirahat :  11.30 - 13.00 WITA