LOGO OK

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Palu

on . Hits: 25

PTA. Palu Lauching Aplikasi Teropong Kinerja

7a3a6fc1 c72c 489b a46b 6c6c342902f4

Palu|www.pta-palu.go.id

“Catatlah apa yang kamu kerjakan dan Kerjakan Apa Yang Kamu Catat”.

Prinsip tersebut merupakan ide lahirnya aplikasi Sistem Informasi Penilaian Capaian Kinerja Aparatur Sipil Negara yang berfungsi mencatat, menverifikasi, mengevaluasi, memonitoring pelaksanaan kinerja ASN secara digitalisasi atau lebih dikenal dengan aplikasi Teropong Kinerja.

Aplikasi tersebut merupakan proyek perubahan yang dilakukan oleh Sekretaris PTA. Palu, Sutarno, S.H.,M.H. yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Managemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara tahun 2019.

Dan secara resmi aplikasi tersebut dilaunching oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palu, Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H.,M.H., Rabu, 28 Agustus 2019 yang diikuti oleh seluruh stake holder PTA. Palu di aula Pengadilan Tinggi Agama Palu.

Dalam sambutannya, Abu Huraerah menyampaikan apresiasi atas aplikasi yang diciptakan oleh reformer aplikasi Teropong Kinerja karena hal tersebut selaras dengan implementasi ZI dan APM terkait perubahan culture set dan mind set.

“ Dengan aplikasi ini sangat membantu dalam penginputan catatan kerja harian dan SKP yang sebelumnya manual menjadi digitalisasi dan hal tersebut menjadi salah satu evidance ZI dan APM”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Abu Huraerah menyampaikan bahwa dengan hadirnya aplikasi digitalisasi SKP ini, maka saat ini PTA. Palu telah memiliki beberapa aplikasi unggulan yaitu e-Darlin, e-Justice dan Teropong Kinerja.

Sekretaris PTA. Palu, Sutarno, S.H.,M.H selaku reformer aplikasi menyampaikan bahwa aplikasi Teropong Kinerja ini terkoneksi langsung ke aplikasi SIKEP Mahkamah Agung dan Aplikasi SIPP sehingga aplikasi ini cukup menarik data pegawai dari SIKEP, demikian SIPP, aplikasi Teropongg menarik data kinerja masing-masing pegawai teknis dalam menangani perkara.

“Di satu sisi, aplikasi ini merupakan digitalisasi SKP dan di sisi lain dapat meneropong kelengkapan data SIKEP dan SIPP”, jelasnya.

Secara sederhana, sistem aplikasi ini bekerja sebagai berikut:

Masing-masing pegawai memiliki hak akses aplikasi, kemudian pegawai secara harian mencatat pekerjaan dan volumenya (seperti pada e-LLK)

Dari catatan harian pekerjaan tersebut akan terekap capaian kinerja masing-masing pegawai yang berbentuk laporan SKP sehingga dapat dimonitor capaian kinerja pegawai secara bulanan, triwulan, Semester dan Tahunan.

Dari hasil kinerja harian tersebut akan diverifikasi oleh atasan langsung dan dijadikan sebagai bahan pembinaan kepegawaian baik reward maupun punishment.

Dengan sistem kerja seperti itu, aplikasi ini sangat membantu bagian kepegawaian yang selama ini menginput SKP seluruh pegawai secara manual, dimana dengan aplikasi ini, masing-masing pegawai secara mandiri bisa menginput SKP dan bagian kepegawaian cukup mencetak melalui aplikasi.

Selain terintegrasi dengan SIKEP dan SIPP, aplikasi ini juga memiliki keunggulan dapat mencetak job description dan perjanjian kinerja secara seragam.

Aplikasi yang dikembangkan oleh reformer aplikasi dan Tim IT PTA. Palu yang dikomandoi oleh Pranata Komputer PTA. Palu, Moh. Syahdimas Yusrin, S.Si.,M.M tersebut direncanakan akan diimplementasikan oleh seluruh pegawai di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palu pada awal tahun 2020.

8ea943c8 1500 4dd9 bff4 4a7b55869b60


a37cb2e9 672e 46b8 bfc2 31b0a5782ee3


d40ad392 6f04 4b7f b559 3f2e1411c013

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Palu

Sulawesi Tengah

Jl. Prof. Moh. Yamin No. 36 Palu

Provinsi Sulawesi Tengah

Telp: 0451-487285 
Fax: 0451-487284

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 65QFl7B

instagram

fb